MAAF BLOG DALAM PERBAIKAN ... SELAMAT DATANG DI SEKOLAH MODEL SMP Negeri 8 Bekasi Yang Telah TerAkreditasi A Nomor: 02.00/347/BK/BAP.SM/XI/2017 Tanggal: 27 November 2017, Gapailah Prestasi Dan Tunjukkan Jati Diri Anda Sebagai Harapan Dari Orang Tua, Bangsa Dan Negara

Saturday, February 6, 2010

KELAS UNGGULAN

Untuk mencapai nilai yang memuaskan dan selain itu latar belakang adanya siswa-siswa yang memiliki kemampuan lebih/berbakat intelektual di SMP Negeri 8 Bekasi, mereka dikelompokan dalam satu kelas khusus yaitu kelas unggulan. Mengingat mata pelajaran yang akan di ujikan pada Ujian nasional (UN), maka sangat penting untuk dikembangkan sesuai dengan konsep pembelajaran unggul. Fenomena menunjukkan bahwa dalam proses belajar mata pelajaran yang di UN kan masih dianggap pelajaran yang memiliki tingkat kesukaran yang tinggi dan ditemukan juga siswa yang merasa takut dan kurang suka dengan pelajaran tersebut. Hal ini terbukti dengan perolehan nilai tiap mata pelajaran yang akan di UN kan rata-rata kelasnya hanya mencapai nilai 62,4. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlua diadakannya kelas unggulan.
 
Kelas Unggulan dimaksudkan untuk memperoleh gambaran secara obyektif tentang pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran yang akan di UN kan di SMP Negeri 8 Bekasi.  Dan juga untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran yang akan di UN kan di SMP Negeri 8 Bekasi serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut pada kelas unggulan di SMP Negeri 8 Bekasi.


Pembelajaran di kelas unggulan di SMP Negeri 8 Bekasi sudah berjalan efektif dengan berusaha memaksimalkan proses pembelajaran, proses tersebut juga harus didukung oleh adanya guru yang kompeten dan profesional, fasilitas belajar yang mendukung dan adanya motivasi yang kuat dari siswa dalam belajar matematika.
 

Adapun saran-saran yang berkaitan dengan pembelajaran pada kelas unggulan di SMP Negeri 8 Bekasi, antara lain: 
  1. Keberhasilan pelaksanaan kelas unggulan, sangat di dukung dari pihak Dinas Pendidikan Kota Bekasi. 
  2. Pihak sekolah hendaknya memberikan penghargaan bagi siswa yang mendapatkan peringkat 3 besar di kelas unggulan. 
  3. Pihak sekolah memberikan penghargaan terhadap guru yang mengajar dikelas unggulan dengan memprioritaskan promosi jabatan 
  4. Untuk mendukung kelancaran pembelajaran yang banyak dikeluhkan siswa, dari sekolah mengupayakan pengadaan buku yang relevan bagi anak berbakat, yaitu buku-buku yang menuliskan uji coba UN agar siswa dapat belajar menyelesaikan masalah tersebut.
  5. Bagi guru sebaiknya mengadakan pendekatan terhadap anak berabakat dengan komposisi yang menantang agar lebih populer dan lebih diperhatikan siswa 
  6. Memfasilitasi siswa kelas unggulan dengan komputer ilmiah yang akan membantu siswa dalam memecahkan masalah secara bebas dan membantu mengkonseptualisasikan.